Senin, 20 April 2015

Tugas Duta Kebersihan ke-1

Hallo, Selamat datang di blog saya, nama saya Billy Julius, dalam blog ini saya dan teman-teman sekelompok saya, yaitu : Exel Tantowi, Aldrian Tandy, Kenny WIlson, Stephen Eric Jona, Tubagus Putra dan Vicky Sendi akan melakukan kegiatan duta kebersihan yang di adakan oleh mata kuliah character building pancasila kami, dalam kegiatan ini kami diperbolehkan untuk membersihkan daerah-daerah di sekitar lingkungan kuliah kami, dan bersosialisasi di salah satu tempat di lingkungan kami.

Jadi kegiatan bersih bersih kami ini akan dilakukan sebanyak 4 kali. Jadi, sebelum bersih-bersih kami harus melakukan beberapa prosedur, yaitu mengumpulkan jadwal bersih-bersih kami kepada tfi(Teach for Indonesia) karena mereka yang menyelenggarakan kegiatan tersebut. Setelah mendapat permission kami langsung menuju tempat yang sudah ditentukan untuk kami bersihkan. Kegiatan ini kami lakukan pada hari Rabu sekitar jam 13.00wib

Tempat pertama yang kami kunjungi dan bersihkan adalah Hall Binus Syahdan, hall tersebut sangat luas sehingga kami tidak mau menghabiskan banyak waktu. jadi, kami langsung bergegas untuk membersihkan seluruh tempat tersebut. Lalu sekitar 45-50 menit berlalu kami sudah merasa tempat tersebut sudah cukup bersih, jadi kami menyudahi kegiatan bersih-bersih tersebut karena sudah lelah juga lapar. Di bawah ini saya akan cantumkan beberapa foto dalam kegiatan kami di hari pertama dan tempat pertama :






Seperti yang kita tahu manusia tidak dapat terpisahkan dari lingkungan hidup kita, karena disitu lah tempat kita hidup dan melakukan berbagai kegiatan kita setiap harinya. Dalam hal itu juga kita dituntut harus selalu menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan kita untuk kenyamanan kita bersama. Karena lingkungan yang kotor mencerminkan pribadi yang kotor dalam diri kita. Karena kampus Binus adalah lingkungan dimana kami melakukan kegiatan setiap hari nya jadi kami juga harus membantu secara aktif dalam menjaga kebersihan dalam lingkungan kampus kami ini, salah satu nya dengan melakukan kegiatan duta kebersihan ini.

Program duta kebersihan ini memiliki keterkaitan dengan sila ke-2 pancasila yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab. karena kita merupakan manusia yang adil dan beradab selain terhadap sesama kita juga harus menerapkan nya kepada lingkungan kita. Karena pancasila sudah hidup menjadi jiwa dan kepribadian bangsa maka kita juga harus menerapkan nya dalam kehidupan nyata contoh nya seperti kegiatan bersih-bersih tersebut untuk menjaga lingkungan hidup kita bersih dan nyaman untuk di tinggali.
Beberapa keterkaitan kegiatan bersih-bersih ini dengan sila ke-2 :
1. Menjadi manusia yang adil terhadap sesama dan lingkungan
2. Memiliki sikap beradab, tidak seenaknya buang sampah sembarangan.
3. Menjaga selalu lingkungan agar tetap bersih dan nyaman untuk di tinggali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar